Artikel
KI KD Mata Pelajaran Pemrograman Dasar
Mata pelajaran Pemrograman Dasar merupakan salah satu mata pelajaran yang dikategorikan sebagai mata pelajaran dasar program keahlian pada jurusan Teknik Komputer dan Informatika. Mata pelajaran ini di ajarkan pada kelas X, berikut ini merupakan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada mata pelajaran Pemrograman Dasar.
Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
3.1 Menerapkan alur logika pemrograman komputer
4.1 Membuat alur logika pemrograman komputer
3.2 Memahami perangkat lunak bahasa pemrograman
4.2 Melakukan Instalasi perangkat lunak bahasa pemrograman
3.3 Menerapkan alur pemrograman dengan struktur bahasa pemrograman komputer
4.3 Menulis kode pemrogram sesuai dengan aturan dan sintaks bahasa pemrograman
3.4 Menerapkan penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi
4.4 Membuat kode program dengan tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi
3.5 Menerapkan operasi aritmatika dan logika
4.5 Membuat kode program dengan operasi aritmatika dan logika
3.6 Menerapkan struktur kontrol Percabangan dalam bahasa pemrograman
4.6 Membuat kode program struktur kontrol percabangan
3.7 Menerapkan struktur kontrol Perulangan dalam bahasa pemrograman
4.7 Membuat kode program struktur kontrol perulangan
3.8 Menganalisis penggunaan array untuk penyimpanan data di memori
4.8 Membuat kode program untuk menampilkan kumpulan data array
3.9 Menerapkan penggunaan fungsi
4.9 Membuat kode program menggunakan fungsi
3.10 Menerapkan pembuatan antar muka (User Intreface) pada aplikasi
4.10 Membuat antar muka (User Intreface) pada aplikasi
3.11 Menerapkan berbagai struktur kontrol dalam aplikasi antar muka (User Intreface).
4.11 Membuat kode program berbagai struktur kontrol dalam aplikasi antar muka (User Intreface).
3.12 Menganalisis pembuatan aplikasi sederhana berbasis antar muka (User Intreface)
4.12 Membuat aplikasi sederhana berbasis antar muka (User Intreface)
3.13 Mengevaluasi debuging aplikasi pada sederhana
4.13 Menggunakan debuging pada aplikasi sederhana
3.14 Mengevaluasi paket installer aplikasi sederhana
4.14 Memformulasikan paket installer aplikasi sederhana
Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
- Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Teknik Komputer dan Informatika.
- Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
- Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
- Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
3.1 Menerapkan alur logika pemrograman komputer
4.1 Membuat alur logika pemrograman komputer
3.2 Memahami perangkat lunak bahasa pemrograman
4.2 Melakukan Instalasi perangkat lunak bahasa pemrograman
3.3 Menerapkan alur pemrograman dengan struktur bahasa pemrograman komputer
4.3 Menulis kode pemrogram sesuai dengan aturan dan sintaks bahasa pemrograman
3.4 Menerapkan penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi
4.4 Membuat kode program dengan tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi
3.5 Menerapkan operasi aritmatika dan logika
4.5 Membuat kode program dengan operasi aritmatika dan logika
3.6 Menerapkan struktur kontrol Percabangan dalam bahasa pemrograman
4.6 Membuat kode program struktur kontrol percabangan
3.7 Menerapkan struktur kontrol Perulangan dalam bahasa pemrograman
4.7 Membuat kode program struktur kontrol perulangan
3.8 Menganalisis penggunaan array untuk penyimpanan data di memori
4.8 Membuat kode program untuk menampilkan kumpulan data array
3.9 Menerapkan penggunaan fungsi
4.9 Membuat kode program menggunakan fungsi
3.10 Menerapkan pembuatan antar muka (User Intreface) pada aplikasi
4.10 Membuat antar muka (User Intreface) pada aplikasi
3.11 Menerapkan berbagai struktur kontrol dalam aplikasi antar muka (User Intreface).
4.11 Membuat kode program berbagai struktur kontrol dalam aplikasi antar muka (User Intreface).
3.12 Menganalisis pembuatan aplikasi sederhana berbasis antar muka (User Intreface)
4.12 Membuat aplikasi sederhana berbasis antar muka (User Intreface)
3.13 Mengevaluasi debuging aplikasi pada sederhana
4.13 Menggunakan debuging pada aplikasi sederhana
3.14 Mengevaluasi paket installer aplikasi sederhana
4.14 Memformulasikan paket installer aplikasi sederhana
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar